-->

Manfaat Penting Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat - Buah Naga adalah buah dari tumbuhan berjenis kaktus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, di tempat kita tinggal yaitu Indonesia sudah banyak sekali tumbuhan ini, jadi tak usah kuatir jika ingin mencicipinya. Apalagi di daerah saya tinggal yakni Banyuwangi, rata-rata tiap rumah terdapat tumbuhan ini sampe-sampe rumahnya tidak kelihatan karena dikelilingi tumbuhan buah naga, hehe.

Buah Naga memiliki dua jenis yaitu buah naga merah dan putih, keduanya memiliki kandungan gizi yang sama hanya berbeda di warna nya saja. Buah ini memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Nah disini kita akan membahas Manfaat Buah Naga, tapi sebelum kita bahas lebih baiknya kita mengetahui kandungan gizi dari buah naga ini. Simak ya !!

Gizi Jumlah/100 gram % AKG harian Keterangan
Air 87 g NA Sangat kaya akan air
Protein 1.1 g 2.1 % -
Lemak 0.4 g - Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat 11.0 g 3.4 % -
Serat 0.04 mg 12 % Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 0.04 g 2.7 % -
Vitamin B2 0.05 mg 2.9 % -
Vitamin B3 0.16 mg 0.8 % -
Vitamin C 20.5 mg NA Sangat kaya akan air
Kalsium (Ca) 8.5 mg 0.9 % Kandungan Kalsium yang tinggi
Besi (Fe) 0.16 mg 0.8 % -

Manfaat Buah Naga
Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini, mulai dari yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita.
1. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan phytoalbumin yang terdapat pada buah naga dapat membantu menangkal serangan radikal bebas kedalam tubuh, sehingga bisa menghambat terjadinya perkembangan sel-sel kanker di tubuh.
2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan senyawa antioksidan pada buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh (sistem kekebalan tubuh).
3. Mencegah Serangan Jantung
Buah naga dapat mencegah serangan jantung karena buah ini memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi, serta mengatasi hipertensi (menurunkan tekanan darah tinggi).
4. Menurunkan Berat Badan & Diet
Kandungan protein yang baik dan rendah akan kandungan lemak serta karbohidrat, sangat cocok bagi anda yang ingin menjaga berat badan dan ingin menurunkan berat badan.
5. Meningkatkan Nafsu Makan
Buah naga juga dapat mengingkatkan nafsu makan karena memiliki kandungan Vitamin B1 dan B2 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak.
6. Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan yang terkandung pada buah naga dapat membantu mencegah penuaan dini.
7. Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita, maka dari itu kita harus menjaganya. Buah naga memiliki nutrisi berupa kalsium, zat besi, dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang anda.
8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Buah naga memiliki kandungan Vitamin B3 yang tinggi, yang manfaatnya sangat penting bagi penderita kolesterol tinggi, agar menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sehingga mencegah timbulnya resiko penyakit serius seperti serangan jantung.
9. Mencegah Diabetes Melitus
Akibat pola hidup yang buruk, sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, terutama terlalu banyak makan yang manis-manis. Dengan rutin mengonsumsi buah naga dapat mencegah diabetes. Kandungan dalam buah naga dapat membunuh sel-sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat.
10. Menyembuhkan Batuk dan Asma
Penyakit batuk dan asma yang sudah umum dialami orang-orang, sehingga sebagian orang meremehkan penyakit ini. Mengonsumsi buah naga dapat membantu meringankan gejala batuk dan asma.

Manfaat lain Buah Naga.
» Sumber antioksidan
» Menjaga kulit wajah agar tetap kencang
» Mengatasi tenggorokan kering
» Mengobati sariawan
» Mengobati panas dalam
» Meningkatkan ASI
» Melancarkan peredaran darah
» Melancarkan pencernaan
» Mengatasi jerawat
» Untuk pewarna alami (buah naga merah)
» Menjaga usus dari perkembangan bakteri
» Menjaga kesehatan syaraf
» Baik untuk manula
» Menjaga kelembaban kulit
» Mencegah kelumpuhan otot
» Mencegah kram
» Meningkatkan stamina tubuh
» Menjaga ion tubuh
» Mencegah peradangan

Nah, itulah beberapa Manfaat Buah Naga yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Banyak sekali manfaat dari buah-buahan terutama yang sudah kita bahas tadi. Semoga artikel ini bisa membantu.
Jagalah Kesehatan Anda !!
Thanks You !!

Related Posts

4 comments

  1. Ternyata banyak juga manfaat buah naga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas memang buah-buahan banyak manfaatnya..

      Delete
  2. Selain enak, beragam manfaat yg kita dapat dari dragonfruit ini.. Mantap..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah mampir.
Semoga artikelnya bermanfaat.
Monggo Dikomen.

Subscribe Our Newsletter