-->

Penyebab Gagal Unlock Bootloader Xiaomi (Troubleshooting)

Generasi Micin - Pada kasus tertentu, ternyata banyak pengguna Xiaomi yang gagal saat melakukan proses unlock bootloader ini dengan penyebab yang bermacam-macam. Mulai dari perangkat Xiaomi yang tidak terdeteksi hingga couldn’t verify device. Akan saya coba ulas satu persatu penyebab paling sering gagalnya proses unlock bootloader Xiaomi.

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan kegagalan unlock bootloader Xiaomi adalah sebagai berikut :

1. Berhenti (Stuck) di 50%
Ini adalah pesan error yang paling umum sering dialami pada saat melakukan proses unlock bootloader. Penyebab utama hal ini terjadi adalah karena kamu menggunakan akun yang berbeda pada smartphone dengan akun pada Mi Unlock Tools.
Jika hal ini terjadi, solusinya kamu harus menyamakan akun yang digunakan pada smartphone dan akun yang digunakan pada Mi Unlock Tools dan akun tersebut harus sudah mendapatkan persetujuan unlock bootloader melalui SMS dan terkadang harus menunggu 10 hari agar server Xiaomi mengupdate akun kamu.

2. Permasalahan Smartphone Tidak Terdeteksi
Jika masih belum terdeteksi, umumnya permasalahan ini terjadi pada pengguna Windows 10 dimana smartphone kamu tidak bisa terdeteksi pada mode fastboot. Solusinya, pastikan kamu telah menginstall MiFlash Tools kemudian masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Vol Down kemudian colokkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB original.
Selanjutnya masuk ke Device Manager, cari USB Device (Kedacom), klik kanan kemudian Uninstall device.
Lepaskan kabel USB kemudian sambungkan kembali. Driver akan terinstall kembali tunggu beberapa saat hingga proses selesai, kemudian coba lakukan unlock kembali.

3. Menggunakan Custom ROM
Pada dasarnya, unlock bootloader hanya berlaku untuk ROM Dev/Stable. Kalau kamu meng-unlock bootloader menggunakan Custom ROM, ROM Distributor atau ROM Dev/Stable yang sudah dimodifikasi, misalnya sudah terpasang TWRP Non UBL atau Fix 4G, sudah pasti gagal.

4. Perangkat Xiaomi Tidak Terdeteksi
Sebelum melakukan unlock bootlader, pastikan perangkat Xiaomi kamu telah terdeteksi dengan melakukan perintah fastboot devices.
Caranya, unduh dan install 15 Second ADB Installer,
Sambungkan perangkat Xiaomi kamu ke PC/Laptop dalam mode fastboot (Power + Vol UP),
Kemudian tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong folder c:/adb, kemudian pilih Open command window here..
Selanjutnya ketikkan perintah :
Jika Xiaomi kamu terdeteksi, maka akan ada kode acak beberapa digit seperti di atas. Jika tidak, artinya Xiaomi kamu belum terkoneksi dengan benar. Coba instal MiUsbDriver.exe yang terdalam didalam folder Mi Unlock Tools, atau install Xiaomi Android USB Driver.

5. Belum Request Unlock Bootloader
Xiaomi mewajibkan penggunanya untuk me-request atau apply unlock bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan unlock, jadi pastikan kamu telah melakukannya dengan mengisi data diri dan lainnya di en.miui.com/unlock/.

6. Belum Diberikan Izin Untuk Unlock Bootloader
Setelah melakukan request, kamu harus menunggu SMS persetujuan terlebih dahulu yang menyatakan bahwa kamu telah mendapatkan ijin untuk melakukan unlock bootloader.

7. Couldn’t verify Device
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, pada dasarnya proses unlock bootloader hanya berlaku untuk ROM Developer China saja. Meskipun ada beberapa kasus yang berhasil melakukan unlock bootloader pada ROM Global. Tapi sudah pasti gagal apabila kamu saat ini menggunakan Custom ROM.
Jadi saran saya, coba pindah ke ROM Developer China terlebih dahulu kemudian lakukan proses unlock bootlaoder kembali.
Selanjutnya pastikan lokasi Xiaomi kamu terdeteksi dengan di i.mi.com/.
Kemudian, sebelum menekan tombol Unlock, matikan koneksi internet beberapa saat, kemudian sambung kembali dan coba ulangi proses unlock bootloader.

8. Muncul Error “Current account is not bound to this device”
Jika muncul error seperti di atas, artinya akun kamu telah mendapatkan persetujuan unlock bootloader namun perangkat yang kamu coba unlock saat ini tidak terhubung dengan akun kamu. Jadi silahkan login dengan Mi Account terlebih dahulu pada perangkat Xiaomi kamu.
Jika kamu menggunakan akun yang sama pada beberapa smartphone yang berbeda, hubungkan Mi Akun kamu denga cara masuk ke menu Setting » Additional Settings » Developer Options » Mi Unlock Status,
Ketuk Add account and device hingga muncul notifikasi Added successfully, kemudian ulangi proses unlock kembali dengan Mi Unlock Tools.

9. Koneksi Internet Tidak Stabil
Proses unlock bootloader membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan PC kamu terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil.

10. Sudah Pernah Unlock Bootloader, Muncul Couldn’t Unlock
Xiaomi membatasi pengguna untuk melakukan unlock bootloader. Jadi satu akun hanya boleh mengunlock satu perangkat tiap 72 jam. Jika kamu ingin meng-unlock bootloader dengan akun yang sama, tunggu hingga 72 jam lagi atau gunakan akun berbeda.
Catatan :
  • Saya menerima SMS persetujuan unlock bootloader hanya 2 jam saja setelah mengirim permohonan. Jika kamu tidak menerima SMS persetujuan lebih dari 2-10 hari, silahkan reply pada thread » en.miui.com/thread-202290-1-1.html dengan mengisikan Mi Account ID, nomor handphone, dan sampaikan berapa hari kamu sudah menunggu,
  • Ada kasus di mana kamu tidak mendapatkan SMS persetujuan unlock bootloader namun Mi Account kamu bisa digunakan untuk proses unlock. Ini kemungkinan ada error atau SMS gagal terkirim, intinya sebenarnya akun kamu sudah disetujui amun tidak mendapatkan SMS. Jadi bagi kamu yang sudah menunggu lebih dari 10 hari dan belum mendapatkan SMS, silahkan dicoba langsung unlock bootloader.
  • Proses unlock bootloader ini saya coba pada ROM MIUI 8.2 China Stable pada device Mi4C.
Demikian Artikel Kali Ini..
Semoga Bermanfaat..


☯ Related Post ☯
➳ Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Semua Tipe (Lengkap)
➳ Cara Flash Xiaomi Dengan Mudah [System Update, Recovery Mode, Fastboot Update]



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter